Senin, 07 November 2011

BULU BABI

Bulu Babi
Klasifikasi Ilmiah :
Domain: Eukaryota
Kerajaan: Animalia
Upakerajaan: Eumetazoa
Superfilum: Deuterostomia
Filum: Echinodermata
Filum Echinodermata (dari bahasa Yunani untuk kulit berduri) adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut, tripang, dan beberapa kerabatnya. Kelompok hewan ini ditemukan di hampir semua kedalaman laut. Filum ini muncul di periode Kambrium awal dan terdiri dari 7.000 spesies yang masih hidup dan 13.000 spesies yang sudah punah. Lima atau enam kelas (enam bila Concentricycloidea dihitung) yang masih hidup sekarang mencakup
  • Asteroidea (bintang laut): sekitar 1.500 spesies yang menangkap mangsa untuk makanan mereka sendiri
  • Concentricycloidea, dikenal karena sistem pembuluh air mereka yang unik dan terdiri dari hanya dua spesies yang baru-baru ini digabungkan ke dalam Asteroidea.
  • Crinoidea (lili laut): sekitar 600 spesies merupakan predator yang menunggu mangsa.
  • Echinoidea (bulu babi dan dolar pasir): dikenal karena duri mereka yang mampu digerakkan; sekitar 1.000 spesies.
  • Holothuroidea (teripang atau ketimun laut): hewan panjang menyerupai siput; sekitar 1.000 spesies.
  • Ophiuroidea (bintang ular dan bintang getas), secara fisik merupakan ekinodermata terbesar; sekitar 1.500 spesies.
Bentuk hewan yang sudah punah dapat diketahui dari fosil termasuk Blastoidea, Edrioasteriodea, Cystoidea, dan beberapa hewan Kambriumf awal seperti Helicoplacus, Carpoidea, Homalozoa, dan Eocrinoidea seperti Gogia.
Echinodermata adalah filum hewan terbesar yang tidak memiliki anggota yang hidup di air tawar atau darat. Hewan-hewan ini juga mudah dikenali dari bentuk tubuhnya: kebanyakan memiliki simetri radial, khususnya simetri radial pentameral (terbagi lima). Walaupun terlihat primitif, Echinodermata adalah filum yang berkerabat relatif dekat dengan Chordata (yang di dalamnya tercakup Vertebrata), dan simetri radialnya berevolusi secara sekunder. Larva bintang laut misalnya, masih menunjukkan keserupaan yang cukup besar dengan larva Hemichordata.
Banyak di antara anggotanya yang berperan besar dalam ekosistem laut, terutama ekosistem litoral pantai berbatu, terumbu karang, perairan dangkal, dan palung laut. Spesies bintang laut Pisaster ochraceus misalnya, menjadi predator utama di ekosistem pantai berbatu di pesisir barat Amerika Utara, spesifiknya mengendalikan populasi tiram biru ([[Mytilus edulis]])sehingga spesies yang lain dapat menghuni pantai tersebut dan bivalvia tersebut tidak mendominansi secara berlebihan. Contoh lain adalah Acanthaster planci yang memakan polip karang di perairan Indo-Pasifik. Kendati sering dianggap desktruktif, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa A. planci sebenarnya adalah predator yang penting untuk ekosistem terumbu karang, sehingga terjadi rekruitmen karang baru yang menggantikan koloni-koloni tua, juga mengurangi tekanan kompetisi antara satu spesies karang dengan yang lain.
Echinodermata mempunyai kemampuan untuk melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang, contohnya timun laut. Apabila timun laut merasa dirinya terancam, maka timun laut akan menyemprotkan organ tubuhnya agar mendapatkan kesempatan untuk melarikan diri. Kelak, organ tubuh yang hilang akan tumbuh kembali

Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan yang biasanya hidup di 1. daerah pantai 2. atas batu karang 3. dasar laut 4. dalam lumpur 5. sumur-sumuran daerah pantai 6. muara sungai (dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang)
Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memilki duri yang dapat digerakkan.
Bulu babi atau urchin adalah binatang kecil, berbentuk bulat, bertulang belakang, yang merupakan bagian dari kelas Echinoidea. Bulu babi ditemukan seluruh samudra di dunia. Kulit atau "Test", mebentuk putaran dan bertulang belakang, secara khas dari 3 sampai 10 cm berhadapan. Warna umum hitam dan paduan dari hijau olive,, zaitun, coklat, ungu, dan merah. Pergerakkan pelan, Makanan kebanyakan dari ganggang. Berang-Berang Laut, Ikan belut Serigala, dan pemangsa lain merupakan predator bulu babi. Bulu babi juga dipanen oleh manusia dan rusa kecil sebagai makan yang lezat.

Bulu babi adalah anggota phylum Echinodermata, meliputi bintang laut, ketimun laut, bintang rapuh, dan crinoids. Seperti echinoderms lain bulu babi mempunyai bentuk lima simetri (disebut pentamerisme) dan pergerakkan denga pertolongan ratusan tiny kecil, transparan, melekat " kaki tabung ". Pentamerous simetri tidak jelas nyata pada peristiwa kebetulan tetapi mudah dilihat di kulit bulu babi kering atau test.
Bersama dengan ketimun laut (Holothuroidea), menyusun subphylum Echinozoa, yang digambarkan terutama mempunyai bentuk globoid tanpa lengan atau memproyeksikan sinar. Ketimun Laut dan echinoids irregular mempunyai perubahan bentuk berbeda. Walaupun banyak ketimun laut mempunyai lengan bercabang disekeliling pembukaan mulutnya, ini berasal dari modifikasi kaki tabung dan tidak sama dengan lengan dari crinoids, bintang laut dan bintang rapuh.

Anatomi Dan Fisiologi

Pada mulanya, bulu babi sering terlihat sessile (diam), yaitu. tidak mampu untuk yang bergerak. Kadang-kadang tanda kehidupan yang paling menyolok adalah tulang belakang, yang dipasang pada dasar ke sendi peluru dan dapat menunjuk ke segala arah.

Kebanyakan bulu babi, sentuhan cahaya menimbulkan gerakan dan reaksi yang dapat terlihat dari tulang belakang, yang memusat ke arah titik yang disentuh. Bulu babi tidak punya mata yang dapat melihat, kaki, atau alat bergerak, tetapi dapat bergerak dengan bebas di atas permukaan atas pertolongan pelekatan kaki tabungnya, bekerja bersama dengan tulang belakang.

Diatas permukaan mulut bulu babi yaitu lokasi pertengahan mulut dapat menyusun lima gigi kalsium karbonat yang dipersatukan atau jaws, dengan struktur seperti lidah di dalam. Keseluruhan organ pengunyahan dikenal sebagai Lentera Aristotle's, nama yang berasal dari deskripsi akurat Aristotle's dalam Story of Animals nya:

… bulu babi mempunyai apa yang disebut kepala dan mulut menurun, and ditempatkan untuk isu residu atas di atas. Bulu babi juga mempunyai, lima gigi berongga di dalam, dan pada pertengahan gigi ini terdapat unsur gemuk yang melayani lidah. Kemudian kerongkongan, dan kemudian perut, dibagi menjadi lima bagian, dan terisi dengan kotoran ekskresi, semua lima bagian dipersatukan pada lubang anal, di mana kulit dilubangi untuk suatu saluran pembuangan... Pada kenyataannya anggota mulut bulu babi berlanjut dari suatu akhir ke lain, tetapi pada penampilan luar tidak demikian, tetapi kelihatan seperti suatu lentera tanduk dengan kaca tanduk dihilangkan. (Tr. D'Arcy Thompson)

Bulu babi membangun spicules, dari kristal yang tajam "tulang" itu yang mendasari endoskeleton pada fase larval. Spicule secara penuh dibentuk terdiri atas kristal tunggal dengan marfologi tidak biasa. tidak punya segi dan di dalam 48 jam dari asumsi pembuahan menjadi bentuk yang terlihat sangat mirip dengan Logo Mercedes-Benz.

Tulang belakang, dalam beberapa jenis adalah panjang dan tajam, berfungsi untuk melindungi bulu babi dari pemangsa. Tulang belakang dapat menimbulkan luka menyakitkan pada manusia jika terinjak diatasnya, tetapi tidak berbahaya serius, dan tidak dijelaskan bahwa tulang belakang sangat beracun (tidak sama dengan pedicellariae antara tulang belakang, yang beracun).

Bulu babi secara khas mempunyai tulang belakang yang panjangnya antara 1 sampai 3 cm, tebal 1 sampai 2 mm, dan tidak tajam. Diadema Antillarum, umum dikenal dengan Caribbean, mempunyai tulang belakang tipis, berpotensi berbahaya yang dapat mencapai panjang 10 sampai 30 cm. Beberapa tulang belakang bulu babi adalah beracun.

Ekologi

Makanan Bulu babi sebagian besar adalah ganggang, tetapi dapat juga hidup dengan cakupan luas dari hewan tak bertulang punggung seperti kupang, spons / bunga-karang, bintang rapuh dan crinoids. (Baumiller, Tomasz K. 2008) Bulu babi adalah salah satu dari makanan favorit berang-berang laut dan juga sumber nutrisi utama untuk ikan belut serigala. Jika tidak dikendalikan, bulu babi akan merusak lingkungan yang diciptakan oleh ahli biologi yang disebutsea urchin barren, tanpa macroalgae dan asosiasi fauna. Di mana berang-berang laut direintrodusikan di British Columbia, kesehatan ecosystem pantai meningkatkan secara dramatis

Bulu babi adalah salah satu dari model organisme tradisional dalam pengembangan biologi. Penggunaan bulu babi didalam konteks ini memulai dari era 1800an, ketika pengembangan embrio dari bulu babi mudah diamati dengan mikroskop. Bulu babi merupakan jenis pertama di mana sel sperma terbukti berperan penting didalam reproduksi oleh pembuahan sel telur.

Dengan peruntunan (sequencing) genome terbaru dari bulu babi, homology telah ditemukan antara bulu babi dan gen sistem kekebalan pada hewan bertulang belakang. Kode Bulu babi sedikitnya 222 gen Toll-like receptor (TLR) dan lebih dari 200 gen berhubungan dengan Nod-Like-Receptor (NLR) yang ditemukan pada keluarga vertebrates (Rast, JP et al. 2006). Ini membuat bulu babi menjadi organisme model berharga untuk para ahli immunologis untuk mempelajari evolusi dari imunitas bawaan.

Anatomi dewasa: Bulu babi dewasa mempunyai lima sisi simetri radial. Kulit keras, plat berkapur, disebut test. Bulu babi mempunyai badan berbentuk bulat dan tulang belakang yang panjang menyebar dari badan. Tulang belakang digunakan untuk perlindungan, untuk bergerak, dan untuk mengapung mengerat ganggang untuk makanan. Di antara tulang belakang terdapat lima dipasang baris dari tabung kecil kaki dengan pengisap yang membantu penggerakan, menangkap makanan, dan menempel pada dasar laut. Pedicellarines kecil struktur untuk menyengat yang digunakan untuk pertahanan dan untuk memperoleh makanan. Seperti semua echinoderms, bulu babi tidak mempunyai otak. Mulut seperti kuku dan terletak pada bagian bawah mempunyai 5 plat seperti gigi yang menunjuk ke arah dalam disebut Lentera Aristotle's. Anus dan pori-pori genital bulu babi berada di atas.

Diet: Bulu babi makan tumbuhan dan binatang, mencakup tumbuhan laut yang besar, bahan hasil pembusukan, ganggang, ikan mati, bunga-karang, kupang, dan teriti).

Pemangsa : Bulu babi dimangsa oleh ketam, bintang laut, keong, berang-berang laut, beberapa burung-burung, pemakan ikan (teramsuk ikan belut serigala), dan manusia.

Reproduksi: Pembuahan eksternal. Bulu Babi betina melepaskan beberapa juta telor kecil yang dibungkus cairan gel pada waktu yang sama. Telor atau sperma dilepaskan melalui lima gonopores. Perkembanga, larva kecil (disebut pluteus, mempunyai bi-lateral simetri) berenang di laut dan sperti komponen zooplankton. Setelah beberapa bulan bulu babi muda terbentuk. Waktu dari pembuahan sampai usia dewasa reproduktif adalah dari 2sampai 5 tahun.

Klasifikasi: Kerajaan Animalia (Binatang), Phylum Echinodermata (echinoderms), Kelas Echinoidea (Bulu Babi).
Echinoidea berbentuk bola atau pipih, tanpa lengan.Echinoidea yang berbentuk bola misalnya bulu babi (diadema saxatile) dan landak laut (Arabcia punctulata).Permukaan tubuh hewan ini berduri panjang.Echinoidea memilki alat pencernaan khas, yaitu tembolok kompleks yang disebut lentera aristoteles.Fungsi dari tembolok tersebut adalah untuk menggiling makanannya yang berupa ganggang atau sisa-sisa organisme.Echinoidea yang bertubuh pipih misalnya dolar pasir (Echinarachnius parma).Permukaan sisi oral tubuhnya pipih, sedangkan sisi aboralnya agak cembung.Tubuhnya tertutupi oleh duri yang halus dan rapat.Durinya berfungsi untuk bergerak, menggali, dan melindungi permukaan tubuhnya dari kotoran.Kaki ambulakral hanya terdapat di sisi oral yang berfungsi utuk mengangkut makanan.
Bulu Babi adalah salah satu jenis hewan laut yang termasuk dalam filum echinodermata. Bulu babi ini mempunyai nama internasional Sea urchin atau edible sea urchin. Binatang laut ini mempunyai bentuk yang khas yaitu berbentuk seperti bola atau bundar pipih dengan cangkang yang keras berkapur yang dipenuhi dengan duri duri yang tajam. Bulu babi ini bergerak/merayap dg kaki tabung yang langsing panjang yang mencuat diantara duri-duri yang menempel dibadanbulu babi tersebut. Mulut bulu babi terletak di bagian bawah dengan 5 gigi tajam dan kuat yang digunakan untuk menguyah dan mengambil makanan sedangkan anussnya menghadap keatas di puncak bulatan cangkang.
Morfologi Bulu babi ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu
  1. bagian oral  yang terletak dibawah dimana bagian bawah bulu babi ini terdapat  mulut
  2. aboral  yang terletak di bagian atas tubuh bulu babi yang terdapat anus, madreporit,dan lubang kelamin
  3. bagian samping
Hewan ini memakan bermacam-macam makanan laut, misalnya hewan lain yang telah mati, atau organisme kecil lainnya. Sea urchin ini mempunyai alat pengambil makanan yang  digerakkan oleh otot  yang disebut Lentera arisoteteles. Bulu babi ini hidup mengelompok di laut yang dangkal dimana food habbit hewan ini adalah alga,partikel organik/detritus serta bangkai. Musuh utama dari hewan berduri ini adalah ikan buntal (Tetraodon sp)
dan ikan pakol (Balistus sp).
Saluran Pencernaan Bulu babi ini terdiri dari   Mulut,oesophagus, perut, usus yg pj & melingkar, rektum & anus.
Pada umumnya bulu babi berkelamin terpisah, dimana jantan dan betina merupakan individu-individu tersendiri (gonochorik/dioecious). Sedangakn bulubabi yang bersifat hermaprodit adalah Triepneustes  graatilla. Sedangkan Pembelahan bulu babi terjadi secara eksternal, dimana sel telur dan sel sperma di lepas ke dalam air laut di sekitarnya
Berdasarkan bentuk tubuhnya, kelas Echinodoidea dibagi dalam 2 subkelas utama, yaitu :
1.Bulu babi beraturan (Regularia / regular sea urchin)
  (memiliki nilai konsumsi tinggi)
Ciri” : btk bulat/½ bulat
Madreporit terletak aboral & ambulacral
Anus terletak ditengah pd ujung ambulacral
cth : Diadema saxabile
2.   Bulu babi tidak beraturan (Irregularia / irregular sea urchin)
Ciri” : anus terletak marginal pd oral & aboral
cth : Echinodescus sp
Bagian dari bulu babi yang biasa dimanfaatkan adalah gonad atau telurnya, baik gonad jantan maupun gonad betina. Cangkang dari bulu babi juga diminati sebagai barang perhiasan. Sedangkan organ dari sisa pengolahan bulu babi biasanya berupa cangkang dan organ dalam (jeroan) dapat diproses lebih lanjut menjadi pupuk
Sedangakan jenis echinodermata yang penting yaitu Diodema Antilarum yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan perairan pantai.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar