Jumat, 27 Mei 2011

World Ocean Conference

WORLD OCEAN CONFERENCE
World Ocean Conference (WOC) merupakan suatu konferensi kelautan dunia yang membahas masalah isu-isu dalam bidang kelautan yang berpengaruh pada perubahan iklim dan menggunakan sumber daya kelautan untuk kemanfaatan bagi kehidupan manusia. World Ocean Conference pernah dilakukan di Indonesia pada tanggal 11-14 Mei 2009 tepatnya di Manado Sulawesi Utara.
Konferensi ini merupakan inisiatif murni Indonesia untuk memberikan kontribusi dalam memberikan solusi terhadap dampak dan ancaman perubahan iklim terhadap laut dan sebaliknya pengaruh laut terhadap perubahan iklim.
World Ocean Conference memiliki peranan yang cukup penting terhadap kelestarian dan keasrian lingkungan laut untuk menjaga kestabilan iklim dan mencegah terjadinya global warming. Hutan laut yang meliputi berbagai jenis kehidupan laut yang membutuhkan karbondioksida sebagai bahan makanannya, seperti halnya tumbuhan di hutan berjumlah amat banyak mulai dari jasad renik bersel satu sampai yang bersel banyak. Biota laut penyerap karbondioksida inilah yang mampu mengurangi pemanasan suhu bumi.
Salah satu biota laut yang paling banyak menyerap gas karbondioksida adalah berbagai ganggang hijau (algae). Organisme yang mudah hidup di laut ini punya kemampuan besar menyerap karbondioksida dan itu dapat diolah menjadi biofuel, bahan bakar ramah lingkungan.
Biota laut merupakan rantai makanan ekosistem di laut yang terkait dengan pemanasan global. Untuk itu, menjaga laut bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk diri kita antara lain dengan tidak membuang sampah ke sungai karena sungai mengalir ke laut. Pencemaran laut bukan saja membuat kotor lautan, tetapi juga mengakibatkan ikan-ikan atau burung-burung, terumbu karang dan tanaman laut (hutan bakau) lambat laun akan punah.
Sumber :
Media Komunikasi Lingkungan Serasi
http://www.setneg.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar